Selasa, 15 Februari 2011

Aturlah Pandangan Anda

SEKARANGLAH WAKTUNYA UNTUK MENGUBAH IMPIAN ANDA MENJADI TUJUAN. Bermimpi menyulut imajinasi kita dan menyalakan hasrat kita, namun sasaran adalah tempat tujuan yang tampak dan kita tetapkan sebelum kita mengawali perjalanan kita.
                  Sebuah tujuan membawa anda bergerak dari tempat anda saat ini menuju ke tempat dimana anda ingin berada. Oleh karena itu, tujuan harus realistis. Sebaliknya, menetapkan tujuan dan batu loncatan yang dibutuhkan akan membawa anda mencapai tujuan itu, langkah demi langkah. Kita menyarankan agar anda mengatur tujuan pertama anda tidak lebih dari dari satu tahun kedepan.
                  Tidak peduli betapapun tidak sabarnya anda untuk mulai bekerja. Waktu yang anda habiskan untuk menemukan prioritas anda tidak akan pernah menjadi waktu yang terbuang begitu saja. Berdisiplin untuk membuat tujuan anda menjadi makin jelas adalah salah satu kunci menuju kesuksesan.
                  Lakukan ketujuh hal ini untuk mendapatkan tujuan anda dua belas bulan kedepan:

  1. Definisikan setiap tujuan sebagai hal yang bisa diukur, dengan deadline yang spesifik
  2. Nilailah setiap tujuan berbadasarkan prioritas 1 (rendah) hingga 5 (tinggi) dengan bertanya pada diri anda sendiri, “Seberapa pentingkah tujuan ini pada impian akhir saya?”
  3. Pilihlah hanya tujuan-tujuan yang anda beri nilai paling tinggi.
  4. Pastikan anda tidak memasukkan jalan untuk melarikan diri (“Saya akan memberikan yang terbaik selama enam bulan kedepan…”), tidak melibatkan orang-orang lain yang tidak memiliki hasrat yang sama dengan hasrat anda (“Jika pasangan saya setuju untuk lebih sering menjaga anak kami, saya akan …”)
  5. Sebuah tujuan adalah komitmen. Tujuan itu hanya memiliki nilai jika anda berjanji bahwa dalam waktu yang telah anda tentukan, anda akan berusaha mencapainya.
  6. Pastikan bahwa tujuan anda tetap sesuai. Bertanyalah pada diri anda, “Bisakah saya mencapai semua tujuan saya dalam waktu yang saya miliki?”Jika tidak, pilihlah apa yang paling penting sekarang juga.
  7. Sesuaikan tujuan anda dengan kondisi anda saat ini. Jika anda benar-benar telah berkomitmen, pastikan bahwa anda tidak menjatuhkan diri anda sendiri dengan tujuan yang terlalu ambisius.

                  Bertanyalah, “Apakah tujuan saya realistis untuk kondisi saya saat ini?” Jika anda menetapkan tujuan anda terlalu jauh, anda akan segera menjadi kecewa. Lebih baik anda menetapkan tujuan yang sederhana dan mencapainya daripada berusaha untuk mencapai sesuatu yang terlalu tinggi bagi anda dan gagal. Saat anda mencapai setiap tujuan, aturlah tujuan berikutnya, langkah demi langkah, hingga anda menemukan diri anda melangkah menuju impian anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar