Selasa, 15 Februari 2011

Mobil Masa Depan Yang Mengagumkan

            Apakah anda tahu perusahaan produksi mobil yang ada di Jerman bernama VW ?, di Indonesia sendiri mobil bermerk ini jarang ditemuhi tapi baru baru ini VW telah memperkenalka mobil masa depan yang spektakuler.
            
            Kini, produsen yang bermarkas di kota Wolfsburg, Jerman ini mengenalkan sosok nyata dari XL-1 Concept di ajang Qatar Motor Show 2011 yang berlangsung pada 26-29 Januari 2011.



              Bahkan teknologi XL-1 Concept digadang-gadang mampu menempuh jarak 100 km hanya dengan 1 liter BBM ini juga terkuak disini. Lalu apa rahasia keiritan yang terdapat pada XL-1 Concept yang bertampang bak mobil masa depan ini? Yuk, lanjut.

              Pertama, tentu terdapat di sumber tenaganya. Mesin hybrid plug in yang digunakan merupakan gabungan dari mesin diesel dua silinder TDI berkapasitas 800 cc (48 dk) dan sebuah motor elektrik (27 dk). Kedua penggerak ini dapat beroperasi secara independen maupun bersamaan.

                 Saat berkerja sendirian, motor listriknya mampu membawa XL-1 Concept menempuh jarak 35 km. Dan, jika digabung dengan mesin dieselnya, maka dapat menghasilkan jarak tempuh 111 km per liter BBM.



 

             Faktor lain yang mendukung konsumsi BBM-nya terdapat di desain bodi aerodinamis berkonstruksi monokok yang hanya menghasilkan aerodynamic drag sebesar 0,186 saja.

             Bobot kendaraan yang hanya 795 kg karena pemilihan bahan ringan seperti carbon fiber, juga sangat mempengaruhi konsumsi BBM.

             Hebatnya, performa XL-1 Concept juga tergolong mengagumkan. Dilengkapi girboks otomatis 7-speed DSG, mobil ber emisi CO2 sebesar 24 g/km ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 11,9 detik, dan meraih top speed 160 km/jam.
          
            Tapi mobil ini belum bisa diperbanyak namun mobil ini menjadi rancangan mobil masa depan yang mampu menciptakan mobil mobil yang spektakuler lainnya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar